Buat Apa Sih Spion ???

“Buat apa sih spion?” Masih adakah pertanyaan seperti itu ketika melihat suatu bagian dari kendaraan yang sering dipanggil “spion”? Memang sih jarang sekali pertanyaan tersebut terdengar di telinga, karena kemungkinan pada sudah tau apa fungsi spion pada kendaraan. Tapiiiii, pada implementasinya (sok pake istilah tinggi nih), maksudnya pada prakteknya, ternyata spion tidak cuman difungsikan sebagai alat untuk mengintip situasi di belakang kita ketika sedang riding di jalan raya, tetapi setelah saya amati dan analisa di lapangan, eh, di jalan, ternyata banyak sekali yang memfungsikan spion tidak sebagaimana mestinya, malahan mungkin karena saking kreatifnya, spion disini bisa difungsikan sebagai bermacam2 fungsi, antara lain buat menghindari tilang, buat patut2, buat berdoa dll (hehehe… ngaco :mrgreen: )

Sebelum saya menjudge salah satu motor “mahal” yang spionnya sering tidak difungsikan. Lebih dulu saya pengen membahas kesadaran pengendara motor disini akan fungsi spion pada kendaraan yang ditungganginya, karena saya kira kesadaran bikers tanah air akan pentingnya spion masih kurang. Ya seperti yang sudah saya sebut itu tadi, meskipun tampak dua buah spion terpasang rapi di kiri-kanan, tetapi ternyata tidak difungsikan secara maksimal. Sering saya lihat arah cermin pada spion tidak tepat, entah itu ke samping, ke bawah, malah ada yang ke atas. Jadi terkesan spion hanya difungsikan sebagai patut2 saja ato sebagai pelengkap biar tidak ditilang oleh polisi.
disinyalir pemiliknya pengen berdoa terus

Ada juga yang memasang spion lengkap di kanan kiri, tetapi spion yang dipasang adalah spion variasi yang bentuknya imut-imut kecil sekali, yang tentu saja secara fungsi paling gak sampe 25% saja. Malahan pernah saya temui, kedua spion terpasang dengan rapi tetapiii ternyata cuman tangkai dan daunnya saja, cermin yang menjadi fungsi utama spion malah tidak ada, mungkin ini karena pemiliknya abis mengalami kecelakaan dan belum sempat diganti ato karena material spion buruk sehingga kaca mudah rusak.

Kalo saya sendiri gimana? Kalo sekarang siiih, sudah sadar tobat walafiat soal penggunaan fungsi spion, terutama spion komplit di kanan-kiri. Sebenarnya sih saya dari dulu sudah terbiasa memfungsikan spion sebagaimana mestinya, meskipun sebelum-sebelumnya cuman 1 spion saja. Karena dulu tiap beli motor seken dari pemilik sebelumnya cuman dapat 1 buah spion, ya udah 1 spion tersebut saya maksimalkan fungsinya, tiap riding selalu saya cek dan betulin arah pantulan spion yang pas. Nah, kalo sekarang pake Suzuki FXR yang spionnya dari bawaan dapet 2 biji dan secara seiring kesadaran saya dalam hal perlengkapan motor, maka saya nyatakan saya fungsikan 2 buah spion kendaraan saya secara maksimal.

=

Bagi saya, sudah terlalu terbiasa pake spion, kalo kebetulan pas minjem motor yang spionnya gak berfungsi dengan baik pasti saya agak kikuk. Rasanya mau nyalip agak ragu takut tiba2 dari belakang ada yang nyosor ato gak sengaja kepotong jalurnya kan bisa berabe. Trus kemudian kalo pas lagi riding tiba2 ada yang bermanuver dari belakang kita gak tau karena spion kita gak berfungsi dengan baik kan juga bahaya kan?

Nah, kalo sampeyan gimana? Buat apa sih spion buat sampeyan? Monggo… :) Kalo bisa sih, spionnya difungsikan dengan maksimal ya om-om, tante-tante, mas-mas, mbak-mbak, adek-adek, jangan kalah sama bakul mi ayam yang satu ini gerobaknya dikasih spion lhoh! :mrgreen:

Salam Coolrider Fixer

gambar dari :
om mitra http://blognyamitra.wordpress.com/2011/03/31/yang-unik2-di-parkiran-motor/
om bodats

About these ads

25 responses to “Buat Apa Sih Spion ???

  1. kango ngaca wes ganteng opo durung)maho,eh pertamax yo

  2. Buat ngaca sambil dandan

  3. Sama
    Sepakat….
    Spendapat

  4. bener mas, sy jg skr berasa kagok dan aneh kalo naik motor yg ga ada spionnya, berasa ada yg kurang n ngurangin rasa PD saat riding. malah sekarang saya tambahin spionnya jadi 3 (yg cembung buat ngurangin area blindspot di pinggir n blakang badan)

    padahal dulu boro2 pengen pasang spion, wong lampu aja pada ga pake semua(korban mode roadrace tahun 2004) padahal dipake siang malem, tapi seiring usia saya rasa akan sadar dengan sendirinya, buktinya saya (pengalaman pribadi)

  5. ge ngintip cewek neng mburinee… aseeekk


  6. spion cukup sebelah…
    wkwk

    yang suka rosi

    http://nakawara.wordpress.com/2012/03/16/motogp-gaya-khas-rossi/

    mampir ya om…

  7. lagi ngiler masang spion bus AKAP buat aplikasi di motor nih

  8. kagok , riding kaga pake spion

  9. Saya lihat mas, di bandung kecenderungan orang2 memakai spion hanya sebelah kanan saja dan itu pun spion variasi yg kecil..

  10. sangat setuju.. jangan mengecewakan penemu dan perancang spion..

  11. betul..maksimalkan fungsinya, jangan cuma gaya yg diutamakan..

  12. Cube2: Sauerbraten

    Saya paling kesel ama rider yg kaga pernah lihat spion, main nyelonong ke kiri/kanan seenak dengkulnya, bikin org kelimpungan menghindarnya. Saya termasuk org yg kaga biasa bawa motor tanpa spion, krn spion itu udah saya anggap kyk nyawa saya sendiri :mrgreen:
    Pokoknya eneg banget deh ama rider gak berspion!!!

  13. Pingback: Spion Lipat, Inovasi Apa Blunder…??? | THE COOLRIDER'S GARAGE

  14. Fungsi spion di motor sama dengan fungsi spiondi mobil ! Tanpa spion kita gak bs melihat ada apa dibelakang kita. Spion sangat berguna pada saat kita akan melakukan manuver

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s