Jajal Temennya “Paijo”, Old Honda CBR 150R 2007 Punya Temen…

Yap, seperti yang saya janjikan sebelumnya saya bakal bikin artikel soal first riding impressiong setelah njajal sodaranya “Paijo” alias tunggangannya warung DOHC, Honda CBR 150R lawas punya temen STM saya.
Malem takbiran lalu jadi momen tepat buat saya yang belum pernah sama sekali menjajal CBR 150R versi lawas sekalipun.

Temen saya yang udah nunggu bersama teman2 saya yang lain di depan gerbang kompleks stadion Manahan Solo, sudah menyiapkan bahan untuk dijajal sekaligus doi juga mau jajal Suzuki FXR150 saya. Setelah sampe dan bercengkerama sebentar kahirnya tiba juga saat yang ditunggu-tunggu, test ride motor cakep yang dulu jadi korban kepelitan AHM sampe akhirnya dikloneng oleh pabrikan antah berantah itu.

Oke, langsung saja saya duduk di atas joknya, ternyata joknya lebih tinggi dari Suzuki FXR150, saya perlu sedikit penyesuaian untuk menapakkan kaki dengan sempurna di tanah. Kemudian saya pegang kemudinya, woooooooo, ternyata ini yang bikin tangan gak sepegel saat naik FXR150, posisi setangnya lumayan dekat sehingga sedikit nyaman jika dipakai perjalanan jauh dengan perbandingan FXR150 yang posisi jok dengan setangnya lumayan jauh karena tangki yang gedhe, sementara CBR150 tangkinya kecil.

Mulai lihat-kiaht isi dashboard, ada lobang kunci switch on lengkap dengan Secure Key dan disampingnya ada tonjolan item kecil yang ternyata adalah tuas choke. Kemudian geser kuci ke posisi on tangan kanan meraba panel kanan, lho kok ada yag beda? Ternyata CBR150 gak ada tombol engine cutnya seperti FXR150. Hihihi… Trus di panel kiri juga gak ada pelatuk lampu dim/ lampu tembak seperti FXR150, jadi kalo mau ngedim tinggal pencet tombol lampu jauh saja.

Puas meraba-raba panelnya, Langsung saja deh pencet tombol start. Mesin nyala, halussss bener rasanya, mengingatkan saya waktu jajal Honda CS1 teman saya dulu, ya maklum juga karena mesin CS1 yang merupakan comotan Honda Sonic adalah basic pengembangan mesin Honda CBR150. Langsung saja dah dipake ke jalan sekalian buat perjalanan ke konter saya sambil merasakan impressinya. Saya gak kenceng2 juga bawanya, karena alasan klasik yaitu jalan raya sangat rame karena malem takbiran sekaligus saya punya rekor buruk pake motor, jadi agak takut kalo ngebut bawa motor orang. (ngeles terus, bilang aja gak brani ngebut :mrgreen: )

Ya memang seperti yang dibilang para pemilik CBR150, tenaga CBR150R baru keluar pada rpm tinggi. Karena jalanan padat, ya terpaksa saya gak bisa merasakan sensasi rpm 11ribunya. Sempat sih dapet jalanan lurus tapi karena terganggu kendaraan-kendaraan yang lalu lalang, saya hanya mampu memacu sampai 80kmh. Pas dapet tikungan kesukaan saya untuk menikung pake FXR150, saya coba paksa meski jalanan rame. Yah, kalo terbiasa dengan posisi duduk FXR150 yang ndlosor agak kikuk juga ketika nikung dengan posisi agak tegak pake CBR150.

Akhirnya selesai sudah test ride Honda CBR150R teman saya karena tidak memungkinkan untuk lebih lama njajal, mungkin lain kali ada kesempatan untuk njajal CBR150R lain (nglirik Juragan Warung DOHC). Overall, Honda CBR150R emang mantap, meski seperti yang dibilang sama pemilik atau yang pernah naik CBR150R, kalo CBR150 putaran bawahnya kurang nendang, tapi itulah karakter mesin DOHC 150cc-nya CBR150, baru gokil di putaran tinggi. Serta seperti yang saya bilang pada postingan pertama saya di blog ini, seperti mewarisi DNA racing pada CBR series yang memang terbukti ketangguhannya di dunia balap. Penampilan CBR150 sebenere sudah oke, keren, sporty dan garang, meski saya kurang suka kalo lihat dari depan tampak kurang berisi. Andaipun CBR150R masuk sini tanpa ubahan seperti All New CBR150 sekarang ini, saya yakin tetep banyak yang kepincut.

Trus, Kalo dibandingin FXR gimana? Kalo dilihat dari sisi ergonomi sih, Honda CBR150 lebih akrab ditunggangi harian karena riding positionnya tidak terlalu menunduk, nanti soal ergonomi aneh FXR saya ulas di artikel sendiri. Sedangkan dari sisi performa menurut penuturan mbah-mbah suhu FXR150, dengan kondisi sama-sama standar dan sehat walafiat FXR150 masih unggul dari CBR150. Sementara dari sisi tampang saya masih suka FXR dah, seperti yang sudah saya bilang di artikel sebelumnya, FXR kesannya lebih gedhe dan berwibawa di jalan dan FXR kan barang langka, eksklusif dan gak pasaran lah, trus satu lagi… ehm… gak dak punya klonengan lah… *ndelik ahhh, ndak diuncali kunci inggris mas Azizy… :mrgreen:

Thanks buat Mas Rokhim yang udah minjemin Honda CBR150R kesayangannya :)

Salam coorider fixer. :)

About these ads

24 responses to “Jajal Temennya “Paijo”, Old Honda CBR 150R 2007 Punya Temen…

  1. Plat nomere ilang kabur kanginan

  2. aku baru pertama liat fxr di purbalingga. oh langkanay , , , ,

  3. :arrow: he he he… alasan yang sama ketika saya memutuskan meminang motor besutan Malaysia itu… :mrgreen: (setiap orang punya pertimbangan pribadi khan, ketika mau memutuskan membeli sesuatu)…
    :oops: wooogh, spion CBR pakai Kawak Ninja RR tuuuh…

  4. Dikota ane cuma ada 2 fxr kayaknya :D
    pengen jajal 22nya euy.. :D
    ngak kesampean mulu :D

  5. seko ngarep kurang montog! #bandem tracker crankshaft :!: :mrgreen:

  6. Sama mas FXR juga gigi bawahnya pendek pendek…buat ngail torsi…tapi baru Cbr yang saya coba gigi 1 nya kuat sampe 60kmh(no HoaX)
    Motor saya cuma ganti pilot jet 2 step,dan per kopling NSR…persis dapetnya dgn video youtube berikut.

  7. Oiya lupa…CDI sindengen unlimiter.

  8. jaman dulu pernah liat club FXR di PWT, sekarang nyari-nyari dah gak ada. CBR sama FXR sama berat (biasa pake MX :mrgreen: )

  9. Cdi shindengen unlimiter=cdi shogun kebo?

  10. klw CBR 150 ini bs servis di Ahass gak yah( kan barang luar) , soale ada yg nawarin nih???

  11. etdah… 80kph mah udah kenceng.. ane udah merinding kalo udah bawa sampe segitu.. (itupun di jalan sepi) :(

  12. Mantap mas bro…
    di tmpat ane ada satu fxr tapi fairingnya udh d lepas,sepintas kyk vixi ternyta diliat lebih teliti fxr to ,tnda dr lmpu blkngy

  13. Yaudah biar bisa kumpul kumpul yuk jangan lupa mampir di grup fb nya ya di @honda old cbr 150r dan new cbr 150 fi indonesia :D

    atau ini link nya mas
    https://www.facebook.com/groups/300366456774824/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s