Beijing Champ, Klonengan Yamaha 125Z Asal China

Kemarin pas pulang dari studio saya papasan sama Yamaha 125Z biru putih masih mulus, orisinil dan terawat banget, hmmmmm… Memori di otak saya langsung membawa ke beberapa tahun ke belakang di mana saya pernah papasan juga dengan motor bebek dengan bentuk sama persis dengan Yamaha 125Z, namun yang saya herankan kok suara knalpotnya menggelegar khas knalpot racing 4-tak? Selidik punya selidik akhirnya ketemu juga ternyata motor tersebut adalah konengannya dari negeri tirai bambu dengan pabrikan bernama Beijing (jangan ditambah-tambahi lho!).

Motor ini beredar sekitar 2004-2006 dengan nama lengkap Beijing Champ, kalo dilihat dari bentuk blok mesinnya sih so pasti mesin motor ini pinjem basisnya mesin Honda Seri C dengan kubikasi 125cc. Sementara sistem transmisinya 1-2-3-4 dengan kopling otomatis, tapi lucunya di strippingnya ada tulisan “full clutch”! piyeee maksude? :mrgreen: Untuk desainnya dilihat secara kasat mata memang sama persis dengan Yamaha 125Z lengkap dengan rear disk brake serta knalpotnya. Wait, knalpot? Bukanya 125Z itu 2-tak? Dulu sempat heran juga, motor 4-tak kok dipaksain pake knalpot model 2-tak demi totalitas pengkloningan. hihihi… So pasti orang yang gak teliti pun bisa ketipu dikiranya ini Yamaha 125Z beneran seperti saya dulu. :lol:



Untuk lebih jelasnya lagi saya kurang tau juga karena nih motor juga populasinya sangat jarang di waktu dulu, saya cuman ketemu 1 motor mondar-mandir di daerah kampung tetangga dan juga sempat liat waktu dibawa mobil delivery. Untuk performa dan kualitas saya kira masbro semua sudah tau gimana kualitas rata-rata motor China (Gak perlu saya omongin :mrgreen: ). Yang jelas sekedar mengingat saja bahwa motor ini pernah mewarnai blantika permotoran di Indonesia.

Salam coolrider fixer :)

foto dari FJB kaskus

About these ads

28 responses to “Beijing Champ, Klonengan Yamaha 125Z Asal China

  1. wah… Pertamax…

    Klo rk cool ud ad kloninganx gg y? XD

  2. Haha…kit mbiyen aku meh nulis ora entuk foto motore….

    nyarap sik
    http://maskurblog.wordpress.com/2011/07/30/soto-ni-tiwen-wlahar/

  3. hahaha… mantap
    mesin 4 tak knalpot 2 tak..

  4. wkwkw, dasar klonengan

  5. China emang sukanya bikin Klonengan. :lol:

    Salam kenal. :)

  6. Iku ning ngarep toko diperempatan pasar Delanggu ono sing nduwe

  7. neng gonku juga ana 1, kalo 125 z asli sering ketemu kalo berangkat kuliah mlayune ngalahke MX

  8. buitenzorgboy

    dulu waktu rame2nya motor cina sempet mau minang si champ ini, gara2 kesemsem 125z tapi ga kesampaian ( mahal )…. tapi ga jadi and pindah haluan ke saudara deketnya 125z yaitu f1zr full clutch.

  9. dari depan, diperhatikan koq mirip satria hiu yaw?

  10. suara kenalpot nya gmana?apa tetep khas 4tak??..

  11. motor cina ya itu…
    yamaha kan???
    kayag F1ZR deh..

  12. bro Adi, usul artikel klonengan lagi… kayaknya dulu ada juga klonengannya RXZ,, mohon petromakznya.. thanks

  13. beijing champ125

    kalau ada yg Jual Niech Motor “Beijing Champ 125cc” kondisi msh Layak n Harga Murah tolong SMS di 081931315115, saya minat serius. (pajak telad jg gpp) asal Murah n Bukan brg hasil Curian, tq…

  14. kenangan indah bersama mtr ini.pernah punya di tahn 2004 bro,ccnya 110,namun yang beijing champ versi 2tak pakai kopling tapi tidak dijual disini ada di buku panduan pemilik.kemarin nemuin lagi di tempat p kaji yoto kudus kond baru dijual 1,4 juta minus surat dan faktur.karena pabrinya bangkrut.sampai rangkanya dijual kiloan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s