Kawasaki ZX130, Si Bebek Gambot dari Genk Ijo

Ngomongin soal pabrikan dari genk ijo, ada salah satu produk lama kawasaki di lini bebek yang cukup menarik perhatian, yaitu Kawasaki Kaze ZX130. Kini bebek berkapasitas mesin 130cc entah masih dipertahankan oleh Kawasaki atau tidak, di blognya om p2r disebut kalo ZX130 masih tercantum di data AISI dengan jumlah produksi 0.

Pada awal kemunculan Kawasaki ZX130, tepatnya di tahun 2004, ZX130 yang punya kapasitas mesin gedhe pada saat itu digadang-gadang sebagai bebek berperforma hebat. Bahkan di suatu majalah roda dua, ZX130 sempat dikomparasikan dengan 2 bebek gambot dari pabrikan lain, yaitu Yamaha Jupiter MX135 dan Suzuki Satria F150. Namun karena memang secara spek performa dan fitur masih kalah dari para kompetitornya, Kawasaki ZX130 akhirnya hanya jadi “pupuk bawang” dari kedua kompetitornya tersebut.

Kawasaki ZX130 hadir dengan banyak fitur andalan, antara lain mesin 130cc, karburator gedhe Keihin NCV24, bagasi super luas, tangki bensin praktis (gak perlu buka jok), Secure Key Magnetic, Tachometer indikator, serta jok yang lebar ditambah handling yang mantab dan stabil. Dengan bodi serba meruncing seolah-olah pengen menunjukkan ZX130 adalah bebek berperforma tinggi terinspirasi dari moge Kawasaki ZX10, namun sayangnya sokongan mesin tiduran 130cc yang cuma mampu pemuntahkan tenaga 10,1 PS serta torsi 10.07 Nm belum cukup untuk disebut sebagai bebek performa tinggi. Bisa disebut malah tanggung, karena sepertinya Kawasaki masih memegang aspek fungsional motor bebek sebagai kendaraan komuter, bukan untuk maniak speed seperti Satria FU150.

Masih kurang ngetopnya telinga masyarakat dengan nama Kawasaki, jaringan 3S yang kurang bagus dan kuatnya euforia persaingan pabrikan raksasa, Honda dan Yamaha serta melejitnya Satria FU150 jadi bebek idola seperti menenggelamkan nama Kawasaki ZX130 hingga menjadi motor penggembira di tengah meledaknya penjualan motor di negeri ini. Cuma orang-orang tertentu saja yang memilih ZX130 sebagai tunggangannya dengan pertimbangan fungsionalitas ZX130 serta memang bukan bikers tipe brand minded.

Setelah sekian tahun, ZX130 juga tidak pernah mengalami perubahan berarti baik dari tampang dan performa, sekedar penambahan varian VR aja dengan velg racing. Alih-alih memaksimalkan potensi ZX130, Kawasaki justru menelorkan bebek yang lebih parah nasibnya, Kawasaki Zone125 yang akhirnya cuma “numpang lewat” karena tidak laku di pasaran. Kemudian Kawasaki mulai mengalihkan perhatian ke lini premium sportnya dengan menelorkan Sang Ninja 250R dan KLX250 bebarengan dengan diluncurkanlah Athlete 125 sebagai reformasi dari Zone 125 untuk menemani Kawasaki ZX130. Menyusul pula terakhir Kawasaki Edge 110 di lini bebek. Namun keberadaan ZX130 masih dipertahankan juga oleh Kawasaki, entah kenapa mungkin sebagai pelengkap atau masih ada beberapa yang berminat dengan kenyamanan yang ditawarkan ZX130.

Namun, dibalik kurang lakunya Kawasaki ZX130, saya sebagai penyuka motor langka jadi melihat ZX130 sebagai motor bebek yang layak dicari sekennya. Karena termasuk motor yang kurang laris, harga seken ZX130 jadi hancur-hancuran, sang pemilik pun kadang menjual ZX130 dengan harga “asal laku” aja, dari pengamatan saya waktu jalan-jalan di web-web jual beli, harga seken ZX130 bisa didapat dengan dana 3,5 juta! Efek lain adalah karena sedikit yang memiliki nih motor jadi punya penggemar tertentu, dan jadi jarang ketemu kembaran di jalan :) So bagi yang butuh motor murah dengan fitur lumayan, ZX130 seken juga masih recomended to buy :)

dimodif gini juga oke

Segitu aja bahasan saya soal salah satu bebek gambot Kawasaki ini. semoga bermanfaat :)

Salam coolrider fixer

pict : nyari di google

About these ads

139 responses to “Kawasaki ZX130, Si Bebek Gambot dari Genk Ijo

  1. ZX satu satunya bebek yang ada tachometernya,,hahaha
    CS-1 sama Fu nggak murni bebek

  2. mongtore wak terong a.k.a tommy Suharto cahyo :mrgreen:

  3. dibuat lari 100 kph dijalan body tidak goyang alias anteb beda dengan supra 125 dipake jalan 100 aja sudah geal-geol kaya bebek jalan….lha ini juga bebek juga yak :-D

  4. baby ninja, manteb buat touring..

  5. bebek super mantap…… tiada tandingan
    yang comment miring, berarti blom pernah punya ato pake si baby ninja zx130

  6. coba dulu BARU KOMENTAR..

  7. Ni bebek paling stabil di kecepatan 100 km/h keatas . Awalan nya lemot tapi begitu nginjak gigi 3 …. wuzzzzzzzz tarikannya panjang dan agak ganas

  8. “dengan pertimbangan fungsionalitas ZX130 serta memang bukan bikers tipe brand minded”
    maaf mas, setahu saya yg pilih zx 130 ini kebanyakan alih profesi dr kawasaki kaze atw blitz…istilahnya naik kelas…mrk adalah org2 yg high loyality…alias branded maniak. istilahnya (kasarnya) “klo bukan Kawasaki kagak usah omongin atw nawarin motor ke gue”
    trus satu lg, yg beli jg kbanyakan hasil coba punya temennya. jd beli setelah ngerasain/ngejajal sendiri (maklum Kawasaki pelit iklan nggak kayak pabrikan lain yg jor2an)….

    • Gini mas, kadang ada juga lho yang terlalu fanatik sama merk yang terkenal seperti H dan Y sampe menutup mata ke pabrikan lain kayak Kawasaki dengan ZX130 yang punya kelebihan dibanding sekelasnya :)

      Saya juga pernah kok pake Kaze karena saya bukan brand minded, kalo motor oke kenapa harus mikir brand? Saya sempet juga naksir nih ZX130, tapi pada akhirnya tangan kiri gak bisa diboongin, gak mau nganggur pengen ngremes kopling aja.. hehehe :mrgreen: sayang ya produk bebek kawasaki manteb2 tapi gak dikasih kopling sekalian (Ex : Athelete), itu dia yang bikin saya mikir nih motor agak nanggung

  9. “Namun karena memang secara spek performa dan fitur masih kalah dari para kompetitornya, Kawasaki ZX130 akhirnya hanya jadi “pupuk bawang” dari kedua kompetitornya tersebut (Jupi mx n satria FU) ”
    punten mas adi, menarik nih pernyataan diatas.
    zx mmng bukan yg terbaik di speed tetapi semua fitur terlengkap. ada takometer (jupi mx gak punya), bagasi gede (jupi n FU gak bs nyamain), tangki gak usah buka jok (beharga bgt klo lg ngiket barang di jok blkng, MX n FU jg gak punya), iritnya masih 1:50 (jauh di atas mx n fu yg trkenal boross), nyaman handling n stabil (lari di atas 120 kpj jg msh anteng, dijamin mx n fu kalah d sktor ini), velg enkei, dan ….Harganya jg lbh murah dr kompetitornya :)

    klo urusan speed 130 kpj bs tembus (msh bs nyaingin mx). tp klo mw speed lebih…ya tgl dioprek sedikit 150 kpj minimal tembus loh !!….kan klo dah bgitu jd lengkap deh semua….spped dan fungsionalitas, bs berjalan seiringan…. :)

    Piss

    • Hehehe… mungkin masbro salah tangkep maksud saya, yang saya maksud fitur di atas kan fitur mesin seperti FU yang punya DOHC 4 valve oil cooled dan MX yang punya SOHC 4-valve Radiator, untuk fitur lain yang masbro sebutin kan udah saya sebutin di atasnya seperti bagasi, takometer dll :)
      Makanya disitu saya tulis, Kawasaki masih berpegang pada aspek fungsionalnya, tidak full buat maniak racing seperti FU…
      Mungkin saya salah ngambil perbadingan sih, harusnya lawannya Supra 125 n Shogun 125, nah, kalo sama dua ini saya yakin ZX superior dari kompetitor :) Soalnya saya inget dulu pernah dikomparasikan sama FU & MX di tabloid Motorplus

      Piss juga masbro salam kenal :)

  10. bebek paling anteb..,
    Handling dan kenyamanannya sulit ditandingin..,
    sayang banget klo didiscontinue..,
    mending difacelift aja dulu.., sama iklannya ditambah..,

    • Nah, ini maksud tulisan saya di paragraf kelima, kenapa gak dimaksimalkan potensi pada ZX130??? Padahal kan Kawasaki sudah lumayan sukses tuh permak si Zone 125 jadi athlete, kenapa ZX130 yang lebih oke malah gak ikutan digarap lebih serius ya :? Misal dikasih varian yang kopling lah..

  11. Motor apa tuh… :mrgreen:

  12. ane masih masih ngidam pengen ntu motor,pengalaman pribadi touring bogor lampung,ane pake athlete,doi anteng2 aja,pdahal udah 120 km/jam,dah gtu yg bawanya sesepuh lg,,,,,,salute buat zx

  13. sekedar menambahkan, sebelumnya ane pke fu tapi buat kmana2 ribed & pegel, sebulan sekaliane pulang kampung kekuningan jawa – barat
    stelah pke kzx gw ngerasain perbedaan, handling mantap, ga goyang ga ribet buat bawa2 barang (tas dll.) walaupun masalah speed msh jauh ama fu yg jelas ni motor paling nyaman selama gw punya motor, nyesel gw knp ga dr dulu punya

  14. jadi pengeeeeeeeeeeeennnnnnnnn……….

  15. Sekedar komentar, pake zx130 saya puas selain irit, jalan jauh bawa brg didepan, anak istri, handling stabil di jalan citerep jonggol cianjur. isi bensin istri gak usah turun….tenaga oke nanjak naik turun.. makanya jajal dulu aja bro…

    salam…

  16. Saya setuju inti dari tulisan ini, bahwa zx second recomended banget. Tapi embel ”PUPUK BAWANG” tidak enak dibaca para zx mania.
    Secara marketing sih bisa bicara begitu, tapi soal fitur ntar dulu!

    Kalau sekedar kopling, radiator/oil cooler dan akselerasi okelah, itu masalah selera, yang penting zx saya nggak pernah overheat dan mesin awet. Tapi ”fitur” perlu review karena saya suka karena FITUR nya :
    1. Takometer, hanya FU yang nandingin, yang pasti berguna sekali lho buat rolling speed & stel lamsam.
    2. Bagasi 16+ liter, saingan cuma kymco dan honda baru ngikut lewat Spacy nya.
    3. Tangki refill praktis, lagi lagi kymco saja yg imbang.
    4. Rocker arm roller, yang minim friksi, hanya honda yang imbang, iklan ”EFT” nya baru ada. Di road race 2 tahun ini baru ngetop, sampai jupiter, mio, bahkan tiger ikutan modif bikin roller. Yg lain belum punya, kecuali yg baru keluar.
    5. Piston lapis molibdenum, minim gesek juga keras, awet, 5 tahun juga masih rapet sama boringnya meskipun tanpa radiator, berani adu sama forged piston MX & vixion.
    6. Double filter oli, yamaha jupiter jg punya, tapi bebek honda belum kedengaran, (kasi tahu kalau ada).
    7. TPS di karbu yang bikin irit, new MX dan xeon baru punya.
    8. Key shutter, sejak 6 tahun lalu sudah pakai, yang lain belakangan, iklannya heboh.
    9. Kulit jok anti basah, coba aja guyur dalam 30 dtk kering sendiri tanpa lap, tanpa jemur. Ada yang nyadar? ada yg punya?
    10. Suara knalpot mirip moge. Banyak motor sport suaranya kalah ngebum. Pokoknya berwibawa banget.
    11. Jalu stang besar, 2 x 0,5 kg kiri-kanan, juga ikut pengaruhi kestabilan di kec diatas 100, efeknya lebih baik dari stabiliser stang. Malah kec 120 kpj berani lepas tangan dua duanya. (Ayo kalau mau bukti).

    Nah itu fitur unggulan yang jarang ada, malah dipakai iklan motor lain, yang ternyata di ZX 130 sudah ada sejak 2005 tidak kalah dengan keluaran baru.
    Kalau di iklankan semua bagaimana mas?
    Beruntung saya punya motor eksklusif dengan fitur ok……………ZX 130.
    (terlalu bangga).

    • cuma nambahin nih bro, di zx 130 mesinnya udah di lengkapi “engine mounting” jadi sambungan antara mesin dan sasis di selipin sejenis mounting kaya di mobil gitu untuk ngurangi getaran mesin, juga di footstep rider udah dilengkapi “rubber” untuk ngurangi getaran di kaki rider, “balancer” di stang juga ukurannya besar sama ama ninja RR semua itu bertujuan untuk mengurangi getaran saat di pakai di kecepatan tinggi, makanya naik kawasaki nyaman banget lho di jamin… semakin kencang semakin nyaman alias no vibration, buktikan sendiri…..

    • Makasih atas tambahannya :)
      Tapi saya sebut “pupuk bawang” itu memang untuk penjualannya mas yang kalah jauh :)
      Ya cuma orang yang ngerti aja kalo sebenere ZX itu fiturnya oke punya, namun bagi orang yang awam, melihat mesin ZX130 terlihat kalah spek kalo membawa tagline “racing” dengan kompetitor mas, karena ZX sangat memperhitungkan kenyamanannya dan fungsionalitas :)
      Gitu maksud saya mas :)

  17. ane pake zx 2006 gan make ban dpan blakang 120/90 sama ..cuma pake ganti kalpot racing GBS udah bisa si FU m si Mx.. yg sma2 2006… apalgi kalo udah ane ganti CDI racing mungkin yg lain smakin ktingglan

  18. arif agus susetyo

    Kawasaki ZX 130 MANTAAAAAPPPPPP, Walo keluaran th 2005, mesin tetap prima, gak kalah sama merk lain yg baru… klo dah nongkrong diatas ZX 130 rasanya naik Moge ( Mantap Oke Gedhe Enak ). sampai sekarang sy tetap pake Kawasaki ZX 130 Buto Ijo Sing Mantap

  19. Hampir 4 tahun pake ini…
    manteb,, tapi sayang yg pake lebih dari 1 tangan, ada 4 tangan..
    jadinya berntakan…
    Mw dilego nih, ambil yg baru sama……
    te2p zx 130…

  20. rata rata yang komentar pada menilai ini bebek paling nyaman dan bagus……demikian juga dengan saya selaku pemilik motor zx130 juni 2010 saya beli di bandung masih ada stock di dealernya……mungkin mas adi selaku pemilik warung perlu mencoba barang seminggu supaya bisa merasakan kenyamanannya ini bebek…..

    • Iya masbro tumini, saya tuh di artikel ini sebenarnya mau menulis pendapat saya tentang pandangan orang ke motor ini kenapa kok sampe tidak selaris bebek H dan Y, padahal banyak sekali fitur andalannya… tapi kok malah pada ngira saya ngejelekin ini motor… jujur sebenarnya saya tuh kesengsem sama kenyamanan dan fungsionalitasnya, pengen beli sekennya tapi belum kesampean…

  21. em, saya g terlalu brand minded, cuman dari awal emang uda kesengsem sma produk2nya kawasaki, dari awal saya make motor yg saya pake kaze th 00, manteb banget meski g dipungkiri tarikan agak lelet klo dipake didalem kota, abis itu th 03 saya naek blitz-r sampe sekitar th 2010 selama pemakaian juga g ada masalah saya kira masih nyaman untuk motor sekelasnya (entry level), baru ditahun 2010 saya hijrah pake zx130, dan emang bener (subyektif lho) klo dari urusan fitur, dan kenyamanan sebenernya produk2 dari kawasaki klo boleh dibilang brojol sebelum waktunya, klo boleh sya bikin list (CMIIW) :
    -filter oli dimotor bebek diawali dari kawasaki lewat kaze th 1996 dan sudah jdi bagian g terisahkan dibeberapa produknya sejak era binter…dan baru diadaptasi oleh suzuki dan pabrikan lain di era 2004 ke atas
    -engine mounting di zx130 th 04 baru diterapkan dishogun 125 edisi 2…
    -bagasi kecil didek depan kaze zone125 yg klo g salah baru jadi perlengkapan standart diskutik dimedio 2008-an
    -bagasi gede underseat (dimotor bebek) yg baru muncul dipabrikan lain dith 2011
    -brake lamp bulat (retro look) dan lampu lighting timbul sesuai standart eropa di kaze zone125 diikuti oleh beberapa pabrikan beberapa tahun kemudian
    -one way clutch yg muncul di blitz series baru muncul di mio series 2011…
    mungkin itu beberapa tambahan dari saya klo ada yg salah mohon dimaafkan…hehe
    yg jelas selama pake kawasaki hampir g pernah ada keluhan selaen jaringan 3s yg lemah sma ketersediaan spareparts yg senin kamis, tapi satu hal yg pasti org milih pake kawasaki karena pertimbangan kenyamanan dan stabilitas bukan sekedar irit ato kencang…karena 2 hal tsb sudah ada diproduk2 yg sudah dikeluarkan oleh kawasaki…

    • iya,lagi2 kenyamanan kan? maka dari itu di artikel juga saya sebutin fungsionalitas dan kenyamanan, bukan untuk maniak kecepatan yang pastinya bakal mengabaikan fitur2 fungsional kayak punya ZX130…
      Yang saya herankan, kenapa tidak digarap lebih serius lagi nih ZX130, padahal kan cukup potensial…

  22. Perlu saya tambahkan, saya juga dulu pernah pake motor-motor bebek seperti H, S dan Y. Pada saat itu juga saya nggak tertarik sama yang namanya Kawasaki. Pengalaman yang membuktikan pada saat saya pake Jupi MX 135 th 2006. Pernah kita adu kenceng dengan Kawasaki ZX130, start awal Jupi MX saya menang, tapi setelah masuk 80 kpj, saya di udak dan terus ketinggalan. Jupi MX saya pada saat itu hanya entok di 110kpj, itu pun sudah nggak karu-karuan. Tapi saya lihat Kawasaki Kaze ZX130 dari belakang pada saat nyalip saya, motor serasa tenang, antep dan seperti nggak lari kenceng…
    Semenjak itu saya niatkan untuk ganti motor Kawasaki ZX130, dan baru kesampean pada th 2008 bulan Agustus. Memang setelah saya pake, secara over all motor ini luar biasa, start awal memang agak lemot, ini disebabkan karena motor ini type touring. Tapi jangan salah begitu masuk pada kecepatan 70 kpj atau gigi 3 motor ini semakin besar tenanganya, bahkan kalo hanya untuk ngudak Supra X125, Shogun 125 atau Jupi MX masih bisa diudak dengan gigi 3, karena gigi 3 Kawasaki ZX130 bisa tembus di 110 kpj dan mesih ok.
    Kebanyakan orang termasuk saya dulu suka ngejelekin ini motor, tetapi kalo sekali aja pernah nyoba, baru komentarnya lain. Walaupun motor ini sudah dipakai selama 3 tahun tapi motor ini masih jauh lebih enak dibandingkan motor baru sekalipun merk lain. Saya sudah coba….
    Untuk rekan-rekan yang mau merubah akselarasi Kawasaki ZX130 supaya lebih kencang, bahkan bisa lebih kencang dari MX, FU, silahkan bawa ke Cileduk di bengkelnya pak Joko ( beliau dulunya kepala Mekanik di Kawasaki Motor Indonesia ), disitu motor tidak perlu ditambah ini atau itu, cuma dirubah, istilahnya dirapatkan ( saya kurang tahu istilah mekaniknya ), dan sudah banyak yang membuktikan.

  23. kalo masalah kenyamanan dan kestabilan ya pilih ini motor , udah 3 taun pake ZX 130 belum pernah ada masalah
    malah pengin nambah satu lagi nih motor ( tapi masih belum boleh sama bokap u.u )
    hanya orang pintar yg pilih kawasaki
    ZX mah ga ada tanding sma bebek lain yg cuma menang promosi di tipi tipi , hahaha

  24. motor legenda neehh

    sayang banget klo di bilang pupuk bawang

    pdhal skrg , zx 130 di pasarkan untuk exspor

    wkwkwk

    emang aneh di indonesia

    di sodori kualitas yg bagus malah gak ada yg ngelirik..

    coba di adu, kuliatas material kawasaki ama pabrikan lain

    ntar tau beda nya

    • Disini desain dan brand sangat berpengaruh gan, gak heran banyak motor-motor bagus tapi penjualannya cuman jadi “pupuk bawang” diantara motor lain. Makanya saya pengen mengulas motor ini, saya lebih suka mengulas motor2 bagus yang terlupakan macam ZX130 daripada mengulas artikel motor2 baru yang udah bejibun dibahas banyak orang…
      Hasilnya? sampeyan masuk blog saya dan komen disini kan? :)

  25. Gw lirik2 zx 130 ijo, kyakna manteb jg buat bebek transport yg lumayan maskulin, tp gw msi nanya2 soal sparepart yg trknal mahal n susah dicari.

  26. coba aja deh sama yg namanya ZX 130 , ga bakal nyesel sama yg namanya ZX 130
    ane yg tiap hari pake aja selalu pengin ngebut trus

  27. ternyata pada setuju ya soal kenyamanan ni motor,emang mantap tapi motor gw keluaran lama jadi dikit lebih boros,soal spare part disolo mudah dapetnya dan nggak terlalu mahal juga malah part tertentu malah lebih murah,lagian bisa diganti ma merk lain.

  28. Zx saya th 2005 warna biru ,piston naik 8mm pake pnya joy ovrsz 100 karbu pake pnya rr ,tp blm sempet pasang kopling manual knalpot pake ahrs seri f4 , wah larinya ga ada habisnya dan saya coba tes bisa tembus 120 kpj tp gas blm habis soalnya saya bawanya sambil ngupiL enjoy banget ga goyang2 kaya pnyanyi dangdut mpe ke enakan ngupil saya di kecepatan segitu

  29. dulu saya pake ninja_sekarang pake zx 130,,
    performa kawasaki zx130,,ga se lincah dan se gesit Y,N,H,,tapi di balik itu ada ke nyamanan dan ke unikan tersendiri yg ga dimiliki mereka..
    coba rasakan di jalan yg lurus dan panjang,,stabil seperti ninja,,
    trust me it work,,, !

  30. saya zx lover nih…hehehehehe

  31. Walaupun saya belmu pernah nyoba kawasaki zx130, tapi kayaknya tu motor nyaman, trus ada tachometernya lagi

    Bagasi kawasaki zx130 gede? kira” helm bisa masuk ga kaya yamaha nouvo? kalo bisa masuk saya langsung BELI ni motor :) a

    Ayoo dong minta jawabannya

  32. Gw seorang penulis cerita dan pengguna zx130, dan banyak ide cerita muncul saat mengendarai motor ini. saking nyamannya..

  33. tapi sya pake honda kharisma 125 D itu juga tambleg..tapi yg lebih anteb lagi pake xenia bro..klo jarak jauh hehehe..pake motor panas wkwkwk..pake xenia adem pake AC ..ayo pilih mana…

    • kristadiesel2000

      ACnya iya sih adem…tapi ANTEBnya??
      kristadieselku kayaknya lebih deh…hehehe
      piss bro!!!salam safety riding…

  34. Gw sudah membuktikan kemampuan zx 130 di jalanan lurus (waktu itu ngetes di jalan juanda depok)
    Kecepatan udah 117 km/jam, tapi langsung gw turunin, soalnya ada motor di kejauhan mau muter balik -___-”

    Gw juga suka sama bagasinya bro :D
    Kalo nemenin ibu gw belanja, lumayan banget lah

    Terakhir ada satu kendala nih
    Masuk kecepatan 70 – 80 km/jam, stangnya kok kerasa getar ya?
    Tapi lewat dari 80 malah ga geter, stabil banget
    Itu kenapa ya? Ada yang bisa kasih jawaban dan solusi?
    Makasih bro

  35. ZX 130 ku pernah Ngasepin Scorpio sama Jupie Mx..Top speed nya 130 kph..

    • kristadiesel2000

      sama2 boncengan di jalan jogja solo pernah kejar2an ana tiger…doi menang akselerasi setelah ngerem…maklum torsi menang doi plus kopling…tapi lurus bisa side by side @ 125km/j…seru banget ngintimidasi tiger…( motor umur 4 tahun,standar abis)

  36. zx jadi perhatian org2…jarang yg punya…padahal ni motor top bgt..akselerasi emang lemot tapi stabil bgt, itu kata orang yg pernah nge-drag ( balap liar ) .buat turing mantap .
    Keluarga gw pake kawasaki..

  37. gw pake adeknya zx130, si ax125 :)
    sayang soal getaran, si ax125 bertolak belakang dg zx130

  38. Dear bro (and sis).
    Pengen punya motor yang satu ini udah mulai sejak skitar tahun 2008an nih. Cita2nya tahun ini (atau tahun depan) berencana pengen punya ZX130 ini nih, nemenin Blitz R (112cc) di garasi.
    Tapi kira2 Kawasaki bakal buat variannya yang baru ngga ya tuk ZX130 (mesin 130cc) ini?
    Soalnya, kalo dilihat motor 4tak nya Kawasaki versi bebek dari Kaze, Blitz, Zone, Athelte, Edge, semuanya pake mesin yang sama (beda cc saja). Nah kalau beli tahun ini yang ZX130, trus Kawasaki nge-launching variannya yang baru, jadi “agak” makan ati juga kan ^_^.
    Ada yang punya info?
    thanks

    jojo

  39. Ikut nimbrung…Di Indonesia d jd budaya, beli motor untuk dijual lagi..” Cari motor yg harga jual sekennya tinggi”…Jd jarang ada pikiran cari motor utk dinikmati kelebihannya..Kl gw mah,beli ZX krn kelebihannya. Dibanding motor sekelasnya,semua yg ada di ZX lbh besar. Lihat arm belakang. Ada g saingannya punya arm segede ZX? Satu lagi,tu motor India yg dijual di sini itu adalah hasil dari belajar sm Kawasaki…

  40. pengen membuat gigi transmisi si gombotku menjadi 5 percepatan,,,,”ada yg tau solusi…?

  41. paling tidak kl dijaln tdk seperti naik motor panti asuhan yng pasaran alias bnyk yng nyamai.sooooo bisa tmpil beda……

  42. ZX emang enak, ketimbang motor lain, klok jalan kenceng gak goyang/ tetep anteng gan, malah sekarang aku pengen naikin cc, biar tambah kenceng,,..,

  43. Zx is the best,.sy punya th05 sampe sekarang belum pernah bongkar mesin.mesin masih halus, topspeed pernah tembus 130kpj,baru baru ini. bukti ketangguhan si baby ninja.kalo yang lain pasti udah rontok..hihi

  44. saya beli zx130 hasil pinjem motor punya temen, buset nyaman banget make nya empuk shocknya, soale jalanan keluar komplek perumahan agak halus (alias lubang2).
    sekarang permasalahannya ada yang tahu tempat sparepart nya yang lengkap gak ?. soale punya temen ku harus indent spare part ke jepang kurang lebih 2 bulan. itu dari dealernya.
    kesimpulan bebek zx130 ok punya bro,,,,,,

  45. ZX 130 WE ARE DEFINITELY different…FOR EXTRAORDINARY PEOPLE SALUT…FOR ZX RIDER ^^d

  46. orang indonesia jarang mau coba sesuatu yang baru, maunya ngikut teman atau saudara yang pake Y, H atau S….saya bertidak beda coba motor milik teman ZX 130 dan ……..manteb tenan…!!!!!, langsung saya beli. thanks kawasaki you are not the first but the best………….

  47. Pengen share pengalaman aja~

    Dari cibubur ke RS. Darmais pake mio pegelnya berasa banget di punggung
    Dari cibubur ke Central Park pake zx baru kerasa pegel pas sampe rumah :D
    Ga tau kenapa bisa kaya gini

  48. ZX saya cuma ganti CDI BRT+Busi Iridium+Double Ring Diesel Magnet+electrik belum over size ke 150…cuma nembus 135 km/jam…mo di upgrade ke 150 + hydrocarbon…zx cuma di ambil kestabilan drivingnya aja…klw nglewatin tiger,fu150 apalagi mx dah sering kecepatan mereka paling di 120

  49. Sekedar berbagi saja…
    Hari jumat 24 Agustus 2012..ngikut arus balik mudik tahunan..ZX 130 Thn2005 saya tembus 140km/jam..(Sebelumnya saya pakai megi trs ganti tigi 2006 terakhir pakai maticnya mbak Suzi…gak pernah sentuh angka itu ) di jalan setelah alas roban selanjutnya ngacir bisa intimidasi B**S**N…bebek2 lain tidak sedikit yg tolah toleh alias tengak tengok (bukti motor Eksklusif langka dan saya kok gak ketemu sepanjang perjalanan) info saja dengan usia yg makin menua (49 year Old ) motor ini sangat stabil cukup ngebantu tangan saat berkendara bagi orang2 yg mulai menua ini (saya)…
    Jujur selama setahun belakangan saya anak tirikan si ZX 130 karena lagi ada bini ke 3 (sepeda) tapi setelah melewati kebersamaan selama perjalanan dari mulai mudik sampai balik lagi..hmmm…ini motor untuk jarak jauh memang tangguh…

  50. @kang jajang
    pas tanggal dan hari itu saya juga ngrasa pernah ngetes siZX bahkan doi sampai 2 x penasaran padahal saya boncengan…jangan2 itu si Android ZX..hehe..gak nyombong.. dijalan seperti pantura performanya…sangat mumpuni…

  51. ZX mantaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaffffffffff ….

  52. aq udh makek, mmg muannntepp tarikannya bro…..

  53. mantaapp brooo

  54. daud si penggila ZX

    gw punya ZX nih …
    gw pengen nambahin kopling gmn carana????

  55. kawasaki memang top, irit, bandel mesin awet yang laen mah korban iklan…he..he..he…

  56. aria Silversonics

    Dear All Kawasaki user.

    Ane mau sedikit berbagi pengalaman.. ane sering ngobrol sama beberapa temen-temen sesama engineering.. baik dari lokal maupun interlokal ( luar negri :p ) kawasaki memang diakui sebagai motor yg berkualitas. bahkan kawasaki di negara asalnya, jepang. adalah brand yg sangat dihormati melebihi H & Y sekalipun. Ga heran klo di Amerika dimana rider disana sudah cerdas dan tidak Brand Minded, kawasaki adalah motor jepang yg paling laku. karena kestabilan dan kenyamanan. bahkan “katanya” market shared mereka mencapai 40% … angka yg cukup tinggi.. mengingat disana kandangnya motor-motor keuncengggggggg……..
    hal ini yg di turunkan hingga produk cub (bebek) produksi mereka..
    sebagai info kawasaki motor adalah sub divisi dari Kawasaki Heavy industries.. mereka terbiasa membuat Alat-alat berat dan kapal tanker super besar bahkan salah satu kereta tercepat dunia yaitu shinkansen atau bullet train di jepang, adalah hasil rancang bangun kawasaki…. karena itulah kualitas material maupun rancang bangun geometri Chasis (Rangka) bukan hal sulit bagi mereka.. wajar jika motor produksi mereka memiliki stabilitas dan kekuatan chasisnya diatas rata-rata dan mesin motor mereka tahan bantinggg dibandingkan produk sekelasnya … Bahkan rumornya, produsen motor jepang lainnya menggunakan material dan geometry chasis hasil ramuan kawasaki. karena dasar nasionalisme, kawasaki “membagi” teknologi material mereka. Bagi ane pribadi, pengguna kawasaki adalah rider yg cerdas.. karena mengedepankan kualitas bukan Branded… Karena kualitas itulah ada 4 motor kawasaki di rumah ane, kaze 110 (2002), ZX 130 (2008), ninja R (2001), 250 Injection (2012) semua tangan pertama alias dari baru…. ^_^
    Semoga informasi ane membantu.. dan semakin banyak Smart Rider di indonesia,, yg lebih mementingkan kualitas bukan hanya sebuah merek…

    Keep safety n smart riding Bro………

  57. KAWASAKI ZX KALO BUAT BODI MOTOR YANG BAGUS JANGAN KAYA BAJAJ, TVS, TORMAX. TAUN DEPAN BENTUKNYA YANG BAGUS YAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA

  58. gan, zx130 ni ane pake buat motor drag, fu aaja putus ama ni motor, tp udh we modif mesinya, karnu pake keihin pe28, trus block ane colter oversixe 50, ane kasih kopling, pasang underbone, gasnya pake gaskontan nya brembo, knalpotnya cuma ane bedel in aja yg standart, cdi pake brt aja udah enak, kalo gak cdinya shogun kebo, velg enak pake yoshimuraa aja, depan nya ane pasang ban slickdrag punya swalow, blakang pake fdr, tempong tempong ane lepas tinggal yg depan sma dek blakang aja, udah mantep tu motor, yg ane heranin kenapa di kcepatan 125 geal geol ni motor, apa banya kekecilan, apa power ni motor kegedean, tolong masukanya gan/…

  59. mungkin kekecilan ban, usahakan posisi zx to nungging karena center of grafitynya dapet….trus coba cek lakher ban mungkin kasi yg lebih kuat buat hi speed…..masak motor dah kenceng tapi lakhernya standart….

  60. oh ya ngomomng2 pake sekher apa bos???

  61. silla anx Rembank

    Maaf Bos tanya, kira2 kawasaki zx 130 masih diproduksi g? soalnya mo pengen beli tuh motor. Masalahnya di kota ane (Rembang, Jawa Tengah) ga da dealer kawasaki.

  62. dr dlu ane pake motor merk kawasaki,,mulai dr binter,kaze,zx,dan ninja 150…urusan kualitas n material bahan kawasaki no.1..kalo urusan penjualan emang loyo..maklum jualan motor bagi kawasaki heavy industries hanya sebagai sampingan….

  63. Salam kenal.. Sy mw tanya, speedometer kaze Zx tu seberapa akurat ya jk dibandingkan GPS?

  64. saya pake kawasaki zx udah 3 thn, tapi baru2 ini motor saya klo dibawa sampe panas mesinnya prodo nya serasa abis tapi klo udh dinggin enak. saya udh abis sekitar 1 jt an untuk dandan ni motor. tolong kasih tw apa yang harus di benerin mesinnya.

    • mungkin setelan bensinnya terlalu irit Bro.. Dl kaze-e sy jg pernah gt apalagi kl panteng gas terus.. Atw cb pake pertamax, pasti sib..

  65. Biar kenceng di ganti apanya?

  66. zx 130 ya? motor apaan sih tuh. MOCIN kaleeee…xixixixixi

    • test endurance karawang-denpasar-padang bay, karawang-palembang, mulai Kaze-E 95 (tromol cbu thailand), Kaze-R 96 (cbu thailand), kaze-R 01, kaze-R 03, Blitz-r 04, Kaze-R 05, Blitz Joy VR (cbu thailand), ZX VR 05 (cbu thailand), Zone VR 07 (masih dipake krn odometer nya blm 2x balik ke “0” km), athlete 08…(di curi), itu semua motor cina, karena pemiliknya pak Willy dari etnis tsb, sekaligus owner dealer kawasaki cikarang, karawang, cikampek sebelum di akuisisi oleh sentosa motor purwakarta… setelah mocin2 tsb ane test pada rute tsb, dijual setengah harga ke ane, dicicil pula… rata2 ane pakai sampai tembus ke 2x “0” km, terus dihibahkan ke saudara… ga pernah ada yg turun mesin, atau ganti kanvas kopling sekalipun, kecuali ban & kanvas rem… kuncinya… ganti olie sae 10-40 volume 1.000cc plus filternya tiap 2.000km, jgn sepelekan speedometer, apalagi ganti olie kaya lagu krisdayanti (menghitung hari)… engine warming up dgn kick starter 25-30x, buka tuas choke, standard berdiri, ignition, 5-10 menit (tanpa beban kelistrikan), coba aja pelintir gas mulai dari putaran awal, kalau pemanasan cukup… siapa bilang bebek kawasaki lemot???? uji nyali nya buat tahu top speednya… habis pake biarkan stasioner selama 2-3menit dgn posisi standar berdiri… lepaskan beban kelistrikan (lampu2)… engine shutdown…
      ane udah 40thn… hampir separuh hidup riding on kawasaki (bebek version)… bingung mau ceritanya, takut yg baca jadi rabun matanya kena radiasi screen… tapi kalau ngobrol nya sambil riding kawasaki ke denpasar atau palembang pada kecepatan over 100km/h boleh juga tuh… krn nyaman… banyak engine brake tanpa banyak main rem… mgkin dikesempatan itu akan berkurang omongan2 yg ceplas ceplos… lbh terhormat lg kalau jadi rider yg safety riding… and… safety talking… krn kita punya norma… warisan dari org tua & keluarga… apa mau dicoreng dalam wacana ini???? keep relationship….!!!!

    • mas jelajah ati2 kl ngemenq

  67. yo’i broo, mocin…. Motor Orang yang menCINtai kualitas… krn kawasaki adalah kualitas….. (kompetitor lain tidak punya basic Heavy Industries)…. becanda apa katro bro????? (kawaktestrider)

  68. ZX MOCIN …….. ZX MOtor yang di CINta ………
    Tapiii sayange wis di dolllllll

  69. inget dulu thn 2005 pertama kali beli zx pas isi bensin d pom orng pada ngeliatin trus ada yg nanya mas ini kalo tabrakan tangki nya meledak?? trus ini lampunya ga d stang nanti pas belok kalo jalan malem ga bisa menerangi jalan dong???
    what a silly opinion!!!!
    ehhh…kesini2 malah pabrikan lain ikut2an desain motor dgn model lampu kayak zx 130 trus pada d beli en laku keras en ga ada komen lg kayak d atas trhd pabrikan lain, aneh!!!
    kalo menurut saia zx 130 itu pioneer atas desain2 motor pabrikan lain setelahnya, trus saia sarankan mending jgn beli motor zx 130, nanti motor saia jd pasaran, hehehehe…

  70. yg mau INFO tentang ZX 130…
    silahkan mampir di grup FB…cari aja kawasaki zx130…

    infor spare part…modif…fullwave…hid…lengkap….hehe….

  71. Ini si penulis artikel punya Kawasaki ZX130
    Apa kagak ? Kalau anda belum punya zx130 anda pasti akan menulis fakta yang salah atau pun prediksi yang salah. Khususnya yang belum pernah punya motor Kawasaki sebaiknya jangan berkomentar dulu sebelum melihat atau merasakan
    faktanya…..hehehe

    • Halo, masbro salam kenal, saya penulis artikelnya… Kagak punya ZX130 masbro… lha emang kenapa masbro? ada yang salah dengan tulisan saya kah? coba ditulis dong mana tulisan saya yang salah biar saya tau?
      Secara tersirat saya cuman pengen ngomong, ini motor sebenere bagus sayangnya kurang laku karena masyarakat masih brand minded sama Yamaha & Honda, Kawasaki pun gak mencoba untuk bikin memberikan sentuhan yang berarti buat mendongkrak penjualan di sektor sini… So, secara penjualan akhirnya jadi “pupuk bawang” kan? Padahal ZX130 harusnya punya potensi lebih dari itu… Jelas?

  72. Mosok sih??? Motor cina kenapa diributin..

  73. Mas henk map face, nongkrong sini juga, hehe

  74. mocin oh mocin, sampe sekarang masih ditanyain, motor apa sih ini? kok aneh banget :D haha

    • Nah,ini salah satu contohnya dari mas Hadi Wijoyo?
      ZX130 dikira mocin kan? itu kenapaaaa kalo gak karena ZX130 itu kurang laku kan? Saya tulis nih artikel buat mbahas sisi lain kenapa ZX130 gak laku, kenapa pada sewot ya mas-mas ZX Rider?

  75. nganu….. saya speechless

  76. Punya zx dulu, saya yakin nanti nulis artikelnya pasti beda gak kayak gini…..hehehe. jangan marah loh mas…..hehehe.
    Orang punya zx bukan sekedar punya motor kawasaki, silahkan mampir di FB Kawasaki ZX130…monggo….

  77. seng nulis pengendara suzuki fxr 150 maka-e menganggap zx130 anak bawang…
    Coba dl min 1minggu br dah tulis pengalaman nunggang sibongsor kawasaki…

    • Hadehhh, Ampun deh mas-mas ZX rider yang saya hormati, saya pake fxr tapi juga gak buta kali mas, saya nulis tuh artikel perasaan buat muji ZX130, biar ngingetin kalo ada motor yang namanya ZX130 kok ZX rider malah pada sewot…? bingung saya :roll:
      Lebih dipahami lah tulisan saya tu gimana, lhah saya maksud anak bawang dari sisi penjualan tuh…
      Saya juga malah punya rencana nebus ZX sekenan buat harian, biar FXR bisa istirahat, tapi sambutannya ZX rider pada kok kayak gini ya? :roll:

  78. Hayo siapa yang dekat tolong kasi pinjem seminggu. Mas widi aja mondokin zxnya di semarang berbulan bulan.
    Kebanyakan yang komen jelek jelekin ternyata anggota grup juga, ha ha

  79. kalo mampir k fb kawasaki zx 130
    bs + brp dk ?

  80. Pitt-Stop ZXeus

    woless mass bro… saLam satu aspaL!!!! *Ngopi2 duLu daKH…

  81. Bener bro, ZX 130 byk yang gak suka. Tarikan bawah kurang responsif, beda banget sama jupe mx, ce es wan ato fu. Orang indo lebih suka tarikan bawah. Tapi kalo buat turing kayak daku pasti zx paling top

  82. Buat mas yg nulis artikel : jangan salah faham mas, semua yg komen disini itu warga zx semua dan sengaja ngerjain anda….dan itu sudah menjadi ciri khas kami warga zx, silahkan skali2 mampir maka anda akan senyum2 sendiri…hahaha. apalagi yg anda sebut2 mas Hadi Wijoyo ngatain zx mocin, dia itu dedengkot zx wilayah timur Indonesia….hadeeehhhh. santai aja mas Adi, kami semua bersahabat koq cuma cara kami dalam menyambut tamu memang demikian rupa……..MERDEKAAA !!!!!

  83. Yang perlu dicatet nih : orang beli produk kawasaki untuk dinikmati features nya bukan untuk dijual, makanya akan susah setengah mati buat cari 2nd nya apalagi produk langka senyaman zx…….heheheee

  84. sejenak lupakan grup fb..
    pindah sini…

  85. warga gendheng kok d ladeni to bro adi…
    Kpn” kl maen kejakarta mampi ke markas kopdar-e anak” ZRC jgn lp bw fxr-e… :-p

  86. Pitt-Stop ZXeus

    Yang Pasti.. ZX “pupuk bawang” ane kagak pernah mau ane JuaLL, teRLintas dpikiran pun gak akan pernaH… Jadi jangan pernaH coba2 berani tawar pupuk bawang yg satu ini ke user/owner-nya, krn mereka pasti akan mencibirr, “Maav mass gakk dJuaL.. mau dpake ampe modyaaarrrr!!!!”

  87. iki opo sech? kok pda rame? dbayar opo ora to do gegeran? saya rasa ulasan ini ada sisi positif n ngatif.. yo wajar kan. enek sing sempurna tanpo cacat ?

  88. Para suhu zx,mau tanya nih,klo zx standar pke cdi brt sbrapa besar pengaruhnya buat performa motor?,di bandung cari cdi brt buat zx 130 dmna ya?,thanxx

  89. dulu kepincut sama ini motor… sayang 3S kawasaki masih kurang sip. akhirnya beralih suzuki FL 125 SP

    nitip ya gan…

    http://www.dinomarket.com/PASARDINO/63867423/Jual-Kampas-Rem-Tromol-Bendix-Motor-Bebek-Honda/

  90. Zx130? motor saya itu. motor irit & bandel yg akhirnya terbeli, seken sih, heheheh… tp ttp mantap. bwt boncengan luar kota ga berasa pegel. Konsumsi bensin jg irit euy, 1:50an kpl luar kota boncegan. beda banget dg generasi sebelumnya kaze-e saya yg berkisar 1:40an kpl (naik sendirian). heran jg ini mtr bs sama irit dg H*nd* s*pr* 100 saya dulu. pokoknya PUASSS dah.

  91. Kaze zx emang motor idola. Sudah irit kenceng pula. Kmaren buat luar kota semarang-solo bisa 1:60an km/l. Buat naik turun gunung semarang-kopeng masih dapet 1:50kpl, itu sudah termasuk ngebut 120kpj di jalur lingkar salatiga (Maklum motor keluaran 2006 blm turun mesin). Tapi di trek turun bisa 125 kpj masih bs lebih tp lbh sayang nyawa, ga ada yg bs ngekor. Anehnya ini motor malah boros kalo dipake pelan <60kpj (42km/l). Tapi tetep idola ane. Top abiz dah zx130 Bravo Kawasaki. Let the good times roll

  92. naksir sama kapasitas bagasinya yg gede bgt. model lampu depannya itu yg jelek. coba lampu depannya dibelah 2 (kya Vario) pasti keren.
    *pendapat pribadi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s