TVS Tormax 150, Kalo Saja Desainnya Ayam Jago…

Yup, akhir-akhir ini dunia roda dua dihebohkan dengan kehadiran bebek yang katanya disebut Super karena mengusung teknologi-teknologi diluar konvensional untuk ditancapkan pada seekor bebek, dialah si TVS Tormax 150. Pabrikan asal India ini mencoba merayu konsumen (rakyat Indonesia) dengan berbagai macam fitur yang belum ada pada motor lain sekelasnya, bahkan yang di atas kelasnya sekalipun. Apa saja emang fitur-fiturnya? Tidak perlu saya sebutkan secara detail karena di blog lain sudah rame-rame dikupas fitur-fiturnya sampe tuntas, cuman ya katanya engine-nya pake 3 klep (2 in, 1 ex), speedometer canggih yang belum ada tandingan di Indonesia, Knalpot dengan fitur unik dengan 2 pilihan suara (yang tentu diskai para 4l4y).

Nah,dari seabrek fitur yang dibawa oleh TVS ini ada yang harus mengurangi kesempurnaan motor ini sebagai motor bergenre bebek, Apa itu? Secara subyektif saya kurang cocok dengan desainnya, bener kata orang yang nyebut kalo desainnya terlalu berkiblat pada Jupiter MX. Genre desain yang dianut Tormax sepertinya berkiblat pada MX, dengan desain bagian depan headlamp di setang, sein di dada serta dengan pemanis sirip-sirip udara di ujung tebeng, serta spatbor yang dipakai adalah spatbor ala motor sport yang jadi ciri khas MX sejak pertama keluar.

Kalo boleh berimajinasi sih, sepertinya TVS Tormax lebih pantes didesain dengan genre Ayam jago dengan kiblat desain ayago legendaris Suzuki, Satria FU150 yang sampe sekarang masih jadi idola para biker (terutama ABG) meski harganya sejajar dengan motor sport. So, jika pengen tampil beda sebagai sebuah motor bebek dan desainnya masih berkiblat pada desain pabrikan lain, mendingan desainnya mengambil kiblat Satria FU dengan genre Ayam Jago saja. Sehingga citarasa fitur-fitur wah yang dibenamkan di motor ini pun lebih terasa, kegarangan mesin 3 vave pun menjadi cocok dengan tampang garang ala ayam jago. Maklum juga karena menurut saya konsumen masih mengutamakan penampilan dibanding fitur, isitlahnya “buat apa fitur-fitur wah tapi tampilan biasa-biasa saja?”

Jadi, Kalo saja TVS Tormax dibikin desain ayam jago pastinya lebih sering dilirik di jalanan plus bisa jadi idola alternativ para 4l4y yang gak kesampean beli FU. Tapi kalo TVS sudah milih untuk memakai desain bebek seperti Jupiter MX ya sudahlah, ini juga cuman pendapat saya. Wong saya juga gak bakal beli kok. Hehehe… Tapi lain cerita kalo ntar ada yang jual rondonya seharga 4 juta seperti kata mbah Bons… xixixi :mrgreen:

Salam coolrider fixer :)

About these ads

22 responses to “TVS Tormax 150, Kalo Saja Desainnya Ayam Jago…

  1. ha hay wingis wis test engine ON @tumplek bleg otomotif senayan brueeemmmm :cool:

  2. mesinnya Masih selonjor apa udah tegak ni Mas..
    Klo slonjoran keknya suram deh kalo di ayago,, seperti atlete kah..??

  3. Aku juga udah test di tumplek blek.
    Kalo aku lihat sih, detailnya kurang nyes. Finishingnya kayak kurang rapi di sudut2 tertentu. Coba Cek area2 pengelasan dan castingnya. Menurutku masih kalah rapi dibandingkan dengan varian Honda yg paling rendah (abs revo).
    Kualitas plastik juga perlu dipertanyakan, ada bagian2 yang menurutku potensi untuk bergetar ala supra jadul. Pas tak pencet2 kayak kurang kuat.
    Pas lihat speedometer dan bunyi knalpot sih keren lah..

  4. Hehe pilih yg pasti2 saja.
    Dicek aja.

    Jangan tertipu desain,,cek jg materialnya :mrgreen:

  5. design ambil satria lama, usul ra inden

  6. kata petinggi2 TVS di ata…kami nomor duaaa!
    http://www.niwira.com

  7. emang manusia pasti aja ada kurangnya yah..
    satria F jg kurang (kurang murah, kurang irit)
    honda abs jg, kurang canggih, kurang ngebut..
    hhihihi setuju saya juga.. canda ya mas

    kalo melihat bidikannya sih, dari sisi performa oke, desain pun masih umum. takut nyeleneh dia kaya cs1. sampe2 mau full power pun masih blm berani, dibuat nya jadi dual tune.. intinya sih, ga brani outside box bgt

  8. spidone ditumbas…dipasang neng gledekan..iso saingan karo FXRnya juragan warung iki..wkwkkwkwkwkkw

    http://asmarantaka.wordpress.com/2011/05/23/ngk-ada-desmosedici-ducati-monster-pun-dimodif/

  9. model dan suara knalpote menurutku jelek. mesin juga selonjor. Desain futuristik tapi kayake bakal cepet bosen

  10. hem, canggih di jeroan tapi kurang maksimal ditampilan

  11. haaaaahhh…
    ayaaaamm???
    sedapnye ayam goreng :D

  12. masbro,
    cek dulu yang ini,atpm indihe satu ini serius di pasar roda dua negri tercinta ane…
    ini waktu tvs tormax uji ketahanan 70 jam di sirkuit sentul,masbro…

  13. Tvs.apapun kita bisa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s