Wow, Yamaha Bantu Toyota Bikin Mobil Sport FT-86

Kabar baik nih buat pecinta Yamaha ato yang sering disebut FBY, bukan karena Yamaha mau ngeluarin produk terbarunya ato ngasih pertamax gratis. :) Tapi adalah keterlibatan Yamaha dalam pembuatan mobil sport yang pernah diperkenalkan dalam gelaran Geneva Auto Show 2011 Maret silam.

Mobil sport sexy yang sebenarnya sudah dikonsep sejak tahun 2008 ini dibangun dengan rangka monokok dengan baja. Rangka tersebut menggendong enjin berkapasitas 2000 cc 4 silider dengan 16 katup, berarti per silindernya ditanami masing-masing 4 katup didukung dengan transmisi enam percepatan manual. Dimensi keseluruhan mobil ini sendiri adalah dengan panjang 4,23 meter (m), lebar 1,79 m, dan tinggi 1,27 m. Adapun panjang sumbu rodanya mencapai 2,57 m.

Nahhhh, mobil sport terbaru yang siap diproduksi massal ini ternyata di dalamnya ada campur tangan Yamaha dalam meracik dapur pacu mobil sport cakep ini. Yaitu Yamaha membantu perancangan desain kepala silinder mesin mobil sport yang hingga bisa memuntahkan tenaga hingga 200bhp ini. Sejauh ini baru itu peran serta Yamaha yang diketahui, entah apalagi andil Yamaha di mobil sport ini.

Ternyata tak cuma Yamaha yang turut campur tangan, namun pabrikan Subaru juga turut menyumbang peran mobil sport yang berjuluk Hachiroku ini. Mobil ini merupakan kongsi Toyota dengan Subaru yang nantinya akan turun dengan bendera keduanya dan tercatat Subaru menyumbang sistem mekanisme katup di mobil ini.

Soal performa? Dengan power 200bhp, Toyota FT-86 ini mampu melaju hingga kecepatan 225,3 km per jam dengan akselerasi dari posisi diam hingga 100kmh dalam hanya waktu 7 detik saja. Tenang aja keganasan tenaganya bakal diredam dengan peranti penghenti laju Advics.

Toyota yakin mobil ini mampu menggoyang pasar mobil sport premium di kancah global. Bahkan Toyota yakin FT-86 bakal mengembalikan nama besar Toyota yang disegani di pasar mobil sport.

Mmmmmm, itu tadi ulasan saya mengenai mobil sport Toyota yang ternyata hasil kerjasama dengan Yamaha. Dengan hubungan Yamaha dan Toyota, apakah hal ini juga turut mempengaruhi Motor Yamaha? misalnya pada lampu sein Jupiter MX yang disebut oleh blog ini mirip dengan lampu Toyota FT-86.

hmmmmmm… Tanyakan saja pada roda yang berputar.. Hehehe…

Salam coolrider fixer :)

About these ads

10 responses to “Wow, Yamaha Bantu Toyota Bikin Mobil Sport FT-86

  1. ini nih yg katanya ngelanjutin legenda Hachiroku…AE86…
    calon juara nge-drift nih

  2. pake forge piston n diacyl cilinder juga pasti, ben koyo jupi mx :-D.

  3. yamaha juga pernah bikin mobil kan….

  4. FT-86.. reikarnasi dari AE 86.. mantap dah

  5. hahahahahaha……….. dasar pabrikan kemaren sore.

  6. ow pantesan yamaha gak bikin mobil…ada hubungan khusus ma toyota ternyata….

  7. Produsen mobil Jepang selalu aja bkin mobil dengan kapasitas mesin yg gak terlalu extreme,contohnya FT86,Celica,RX8,RX7,Supra (Toyota),RS2000 semuanya kapasitas mesinnya gak terlalu extreme

    mungkin ingin mencerminkan ke seluruh dunia kalo meskipun kapasitas mesin feminim,tapi bisa bicara banyak

  8. POKROKU Sukses Makmur

    Mantap nih, pabrik mobil yang mantap macam Toyota dan pabrik sepeda Motor yang mantap seperti Yamaha, berkolaborasi menciptakan mesin mobil bertenaga besar.. waw… hebat…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s