Review Hasil Race Motogp Jerez 2011, Diwarnai Parade Crash, Insiden Rossi-Stoner dan Lorenzo yang Bejo…

Wah, baru sempat bikin review nih, semalem sibuk ngurus rapat karang taruna :mrgreen:
Gimana balapannya kemarin? Seru, Tegang, Kecewa, Lucu, Gemes, Marah jadi satu kan? Hehehe…
Kali ini saya mau memberikan sedikit saja ringkasan tentang jalannya race yang begituuuu banyak diwarnai insiden-insiden menarik dan penuh kejutan.

Insiden Rossi-Stoner

Ini dia yang lagi rame dibahas di media, adalah insiden kontroversial yang melibatkan dua pembalap papan atas, Rossi dan Stoner di tikungan I waktu lap ke 7. Insiden sendiri bermula ketika Rossi yang secara nekat berusaha mendahului Stoner melalui celah sempit di tikungan I. Ketika memasuki tikungan sebenarnya Rossi sudah berhasil melewati Stoner, namun sayang sekali ban depan Ducati Rossi kehilangan traksi dan terpaksa ndlozorrr. Stoner yang berada tepat di belakangnya pun tak sempat menghindari dan akhirnya sukses nubruk Rossi dan ikutan ndlozorrr ke gravel dengan posisi RCV Stoner menindih Desmo Rossi yang masih lekat dengan Rossi, sementara Stoner terpental ke gravel.

Kalo menurut saya sih, tidak ada yang salah tuh dengan insiden tersebut, cuma kecelakaan biasa di dalam Motogp, hanya Rossi yang terlalu nekat melakukan overtake di kondisi sirkuit yang lembab, Licin euy! Malah ada yang bilang Stoner ditabrak Rossi, ditabrak dari mana, wong Rossi aja sudah di depan gitu? Cuman karena yang terlibat adalah Rossi dan Stoner, beritanya pun jadi besar, muncul cacian-cacian ala hewan kepada Rossi dari pendukung Stoner, pendukung Rossi pun tak kalah mencaci Stoner sebagai pembalap yg cengeng. Peace masbro, positif thinking saja :)

Monggo dilihat lagi videonya…

Kesalahan justru ada pada marshall yang lebih cenderung menolong Rossi dan nyuekin Stoner yang sama-sama butuh bantuan. Padahal disitu ada sekitar 6 marshall yang mengerubuti, namun terlihat mereka cuma mbantu Rossi, sementara Stoner yang kepayahan bangunin motornya kayak dicuekin. Entah sengaja ato tidak sengaja sih… Kalo berpikir positif sih, mungkin bisa karena mereka ngefans Rossi, jadi secara naluri pun mereka lebih memilih memprioritaskan untuk menolong idola mereka. Tapi kalo boleh suudzon ya monggo silahkan sampeyan bilang kalo itu sengaja buat nyabotase Stoner. Marshall juga manusia lho :)
Stoner ngomelin Marshall

Keduanya sendiri sudah sempat berjabat tangan setelah race selesai, meski diwarnai dengan komentar sinis Stoner :)

Parade Crash Besar-Besaran

Nah, ini nih yang bikin deg-degan penonton karena semua pembalap bisa saja melakukan kesalahan dan harus nyium gravel kok. Kondisi sirkuit yang lembab setelah turun hujan membuat balapan menjadi penuh kejutan dan sulit ditebak. Ada yang membalap dengan penuh hati-hati ada pula yang mencoba memanfaatkan kehati-hatian pembalap lain dengan menggeber sejadinya. Nah, di balapan kemarin ada pembalap yang harus bergulat di gravel, bahkan diantaranya sudah dalam posisi yang bagus, yaitu Simoncelli yang sudah memimpin dan juga Spies yang berada di posisi kedua dan tentunya insiden Rossi dan Stoner yang tengah memperebutkan posisi kedua.

Tercatat Rossi, Stoner, Simoncelli, De Puniet, Crutchlow, Dovizioso, Spies, Edwards, Abraham harus merasakan gravel Jerez, sebagian malah tidak bisa melanjutkan lomba alias DNF. Hmmmm, balapan di Jerez kemarin jadi kayak parade crash pembalap Motogp.

Si Bejo Lorenzo :)
Yup, kemarin Lorenzo jadi pembalap yang dinaungi Dewi Fortuna, karena 3 pembalap yang di depan doi harus rontok ikut parade crash :mrgreen: Ya, Rossi, Stoner dan Simoncelli yang berhasil mendahuluinya di lap-lap awal mengalami nasib sial dengan crash di tempat yang sama. Namun, di luar keberuntungannya tersebut, Lorenzo memang punya ketenangan luar biasa dalam menguasai kondisi sirkuit yang kurang bersahabat tersebut. Lorenzo pantas mendapatkan gelar juara di Jerez karena kecerdasannya, di saat pembalap lain bernafsu menggeber motor dalam kondisi lembab (yang berujung pada kecelakaan), dia bisa mengontrol nafsunya dan memanfaatkan jatuhnya pembalap-pembalap di depannya. Jadi dia bejo (beruntung) karena dia punya strategi jitu dalam membalap di Jerez kemarin! :)
Perfecto Bejo Lorenzo :mrgreen:

Hasil race Motogp Jerez 2011

Pos. No. Rider Manufacturer Time Diff
1 1 Jorge LORENZO YAMAHA 50’49.046
2 26 Dani PEDROSA HONDA 51’08.385 19.339
3 69 Nicky HAYDEN DUCATI 51’18.131 29.085
4 7 Hiroshi AOYAMA HONDA 51’18.597 29.551
5 46 Valentino ROSSI DUCATI 51’51.273 1’02.227
6 8 Hector BARBERA DUCATI 51’57.486 1’08.440
7 17 Karel ABRAHAM DUCATI 52’03.166 1’14.120
8 35 Cal CRUTCHLOW YAMAHA 52’08.156 1’19.110
9 24 Toni ELIAS HONDA 52’31.952 1’42.906
10 21 John HOPKINS SUZUKI 52’37.441 1’48.395
11 65 Loris CAPIROSSI DUCATI 52’40.922 1’51.876
12 4 Andrea DOVIZIOSO HONDA 51’39.633 1 lap
Not Classified
5 Colin EDWARDS YAMAHA 49’17.289 1 lap
11 Ben SPIES YAMAHA 45’04.399 3 laps
14 Randy DE PUNIET DUCATI 30’15.977 11 laps
58 Marco SIMONCELLI HONDA 20’17.285 16 laps
27 Casey STONER HONDA 12’53.841 20 laps

Sekian ulasan race Motogp Jerez 2011 kemarin dari kacamata saya, semoga bermanfaat… :)
Salam coolrider fixer :)

About these ads

6 responses to “Review Hasil Race Motogp Jerez 2011, Diwarnai Parade Crash, Insiden Rossi-Stoner dan Lorenzo yang Bejo…

  1. jika 2 buah benda bergerak -searah -relatif , melalui sebuah bidang radius….. maka sesungguhnya ke 2 nya mengalami gaya pental keluar, dengan gaya sebesar F denga arah vektor berlawanan dari titik pusat!, sedangkan bila salah satu benda tersebut liar dan keluar dari lintasan radiusnya maka , benda yg berada di sisi terdekat dengan titik pusat radius lah, yang akan terpental keluar dengan gaya yang besar, ! jika ke 2 benda tersebut ber jarak sama atau bahkan berdampingan, maka mau tak mau benda yang berada di sisi terluar harus ikut menerima gaya pental dari benda yg berada di dalam!
    so…. kronologis bisa dilihat dari situ , tanpa harus esmosni :lol:

    *ngeling2 pelajaran mbiyen :mrgreen:

    nunut ngeyup:

    http://azizyhoree.wordpress.com/2011/04/04/test-ride-cbr-250r-sentul-1-bocor-alus/#comment-7985

  2. Lorenzo memang selalu beruntung tapi keberuntunganya datang karena kecerdikanya, sayang banyak orang yg gak memperhatikan hal itu. Kalaupun kemaren stoner n rosi gak crash belum tentu lorenzo akan kalah, ingat dia pembalap tuan dan musim kemarinpun juara di jerez. Kenapa kita selalu berandai-andai dan gak mau melihat fakta yg ada..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s