Cool-iner Tradisional : Gendar Pecel, Murah Meriah Maknyusss

Malem-malem laper jadi pengen bikin artikel cooliner… :mrgreen:
Suatu siang pas lagi nongkrong di konter saya, tiba-tiba lewat ibu-ibu pedagang jajanan naik sepeda onthel. Pas banget dengan perut yang lagi lapar, saya panggil beliau buat sekedar beli makanan untuk ganjel perut. Ternyata beliau jual makanan tradisional yang lumayan saya seneng, yaitu gendar pecel. Hmmmmmm, mantafff…

Gendar pecel merupakan gabungan dari dua jenis makanan, yaitu gendar dan pecel. Gendar sendiri sebenarnya berbahan dasar nasi bekas yang kemudian dicampur dengan bleng trus dikukus, trus dipadatkan deh. Setelah jadi gendar diiris-iris sesuai penyajian, mau dimakan langsung juga enak, mau dicampur dengan parutan kepala atau pecel juga enak. Bahkan gendar juga bisa dibikin rambak alias karak, yaitu dengan diiris tipis-tipis kemudian dijemur lalu digoreng.

Trus untuk pecel, pasti udah pada tau kan yang nemanya pecel. Kebangeten deh kalo gak tau yang namanya pecel. Kalo sampeyan orang Jawa, harusnya pernah meski sekali seumur hidup ngicipin yang namanya pecel. Pecel sendiri terbuat dari bayam, tauge, kacang panjang dan bahan lainnya sesuai selera, dan yang paling penting yang merupakan inti dari pecel adalah sambelnya! iya donk, namanya aja pecel masak gak pake sambel pecel! ini nih yang bikin lidah kita bergoyang… mantap dah pokoknya… Nahhh, jika gurihnya gendar dipadukan dengan lezatnya pecel, keduanya bakal jadi paduan lezat dehhh. Apalagi karena bahannya serba alami, harganya pun menjadi cukup murah, yaitu sepincuk cuman seharga dua ribu rupiah (Rp.2000,-). Lumayan buat ngisi perut kosong sekalian ngasih pilihan lain kalo lidah udah bosen makanan itu-itu saja…

Salam Cooliner :)

About these ads

13 responses to “Cool-iner Tradisional : Gendar Pecel, Murah Meriah Maknyusss

  1. PB aka Penunggang Byson

    nyoba pertamaxxx

  2. enak ketokke
    tur murah
    SOLO…..kota dengan makanan termurah se dunia………….
    nyenengkeh tenan lah.
    alhamdulillah pernah 5 tahun di sana
    ***malah dadi nostalgia **

  3. luwih enak gendar cabuk rambak, monggo diulas :-)

  4. wes ceritane wingi meh ktmu aku arep digawakke pecel sak kilo opo??….xixixiixixixiix :mrgreen:

  5. gendar ki gawene nganggo borax yo bro.. :lol:
    ojo akeh2, kudu dibagi2 iku :mrgreen:

  6. Bos Pulsa Bekasi

    Nggawe Gendar ra sah ngenteni sego bekas, ko nek ra no sego bekas ndak bisa bikin gendar manih…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s