Tips “Pit Stop” Cepat di Pom Bensin…

Pom Bensin ato bahasa gaulnya SPBU adalah tempat paling akrab bagi bikers. Yup, karena motor butuh bahan bakar untuk muter roda biar bisa ngglindhing kemana kita suka. Mau kemanapun kita pergi pake motor, tak lupa kita cek isi bahan bakar motor kita. Entah itu motor merk apa pasti kudu tetep ngisi bahan bakar. Karena mayoritas di negara kita motor pake bahan bakar bensin ato pertamax, jadilah SPBU sebagai “langganan” bikers.

Karena begitu luar biasanya perkembangan otomotif di negara kita, semua lapisan masyrakat pun kini punya motor. Dan itu berimbas pada antrean panjang di SPBU-SPBU setiap jam sibuk atau seringnya di pagi hari ketika orang-orang mulai berangkat beraktifitas. Di tengah antrean panjang pun sering terjadi saling serobot karena kekurang sabaran antar biker. Salah satu penyebab lamanya antrian adalah Lambatnya biker dalam proses pra dan pasca pengisian.

antrean SPBU

antrean SPBU

Naaah, kali ini saya coba ngasih tips biar “Pit Stop” berjalan dengan cepet, kalo belum bisa diterapkan ke orang lain, mungkin bisa dimulai dari diri sendiri aja yah. Betul gak? (Gaaaaaaaak!) :mrgreen minimal biar calon Pitstoper di belakang kita tidak kelamaan nunggu kita… :)

Tapi ini khusus bagi penunggang motor bebek ato skutik yang tangki bensinnya di bawah jok, alias kalo buka jok kudu cabut kunci – buka jok dan sebaliknya. kalo buat motor laki sih gak perlu turun motor bisaaaa, wong tangkinya cuma di bawah depan perut biker. :)

Gini tips dari saya :
*Saat kita mengantre
Pastikan segalanya sudah siap, antara lain dengan turun dari motor – cabut kunci dari kontak – buka jok – kendurin tutup tangki – kembalikan kunci ke swicth kontak (biar cepet pas nyalain motor pasca pengisian), jangan lupa siapkan uang pas agar pelayanan berjalan dengan cepat… Kalo males turun dari motor pas antrean panjang, sebisa mungkin turun dari motor saat antrean menyisakan 2-3 motor
*Saat proses pengisian
Berikan langsung uang pas yang sudah kita siapkan tadi ke petugas dan pastikan petugas SPBU memberikan pelayanan terbaik (sepertinya sudah lumayan baik setelah ada slogan “pasti pas”)
*Selesai pengisian
Sebelum menyalakan motor biasanya kita melakukan sedikit persiapan untuk melanjutkan perjalanan (ex : menutup tangki, menutup jok, memakai peralatan riding). Dorong motor kita agak ke depan sehingga pengantre di belakang kita bisa segera mendapat pelayanan dari petugas. Jangan sampai waktu kita persiapan menghambat antrean yang ada di belakang kita. Setelah itu bersiap nyalakan motor dan lanjutkan perjalanan. Hati-hati di jalan yaaaa…

Dahhh, itu saja sekedar tips dari saya, berdasar apa yang saya alami di SPBU-SPBU selama ini yang sering terjadi saling serobot antar biker. Semoga bermanfaat walaupun sedikit saja…

*respek antar sesama biker yah
:) :) :)

About these ads

15 responses to “Tips “Pit Stop” Cepat di Pom Bensin…

  1. aku dah melakukan hal itu. Tp orang lain nggak

  2. orang lain:buka jok,buka dompet,nunggu kembalian,nutup jok, pasang kontak,ngidupin mesin,naikin pembonceng…semua didepan pompa pengisian

  3. ndeso tenan ki sing ngono kuwi mau.

  4. anyel,mangkel,ndeso!

  5. ra mikirke wong liya

  6. hmm sy pake newsoun125 gak perlu cabut kunci klo mau buka jok, cukup kunci kontak diputer kekanan lagi jok udah membuka..canggih kan? :D “SHOGUN DILAWAN!!!” * sombong sitik mode ON

    dan klo lagi ada duid biasanya langsung menuju yg ada logo PERTAMAX-nya..jarang ngantri klo udah masuk ke pit yg satu ini :D..tp sekrang udah 7.350 mulai jarang mampir ke pit yg satu ini :D

  7. @maskur
    Waduh2, Perlimaxxxx langsung kie
    hehehe
    Betulll, moga2 yang lain ngikutin, senep juga yen ngantri wong kayak gitu :(

    @jahe
    Iya laaah, percoyo aku kang
    Shogun 125 emang sip, sing elek cuman resale value tok…
    xixixixi :mrgreen:

  8. idem sama jahe… cukup kunci ditekan putar kanan udah bisa buka jok :D

  9. jangan lupa pakai helm…….(opo hubungane?)

  10. coba semua bikers seperti pakD maskur, pasti gak pake ngantri…..

  11. Sama dgn bro jahe dan bro kb. xixixi

  12. walo pakai gledekan ane ttp bisa cepet2an pit stop…sama yg pakai motor sport pun wani lah cepet2 an…xixiixix (sombong sithik ah) :mrgreen:

  13. Wah tips yang mantap. :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s